Cici Kartika, NIM: 1811080044 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATERI PENGGOLONGAN HEWAN DI SD NEGERI 55 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Cici Kartika BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cici Kartika BAB I-V.pdf
Download (5MB)
Abstract
Video pembelajaran dapat dimanfaatkan dalam salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar yaitu IPA tentang materi penggolongan hewan Pada materi ini Video Pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi tentang menggolongkan hewan selanjutnya siswa akan mengamati video yang berisikan penggolongan hewan yang ditampilkan. Tujuan dari penelittian ini adalaha untuk mengetahui kevalidan video pembelajaran IPA pada materi kelas III SD Negeri 55 Banda Aceh dan Untuk mengetahui keefektifan vidio pembelajaran IPA pada materi penggolongan hewan di SD Negeri 55 banda aceh. Metode yang digunakan adalah metode research and development disingkat dengan R&D dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55 Banda Aceh dengan jumlah siswa kelas III sebnyak 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bisa kita liat kevalidan dalam vidio pembelajaran sangat valid, melalui validasi oleh beberapa ahli yaitu ahli media yang memproleh skor 47 dengan persentase 85.45% pada produk dan ahli materi memproleh skor 30 dengan persentase 75% dan alhi bahasa memproleh skor 48 dengan persentase 96% sehingga bisa kita liat bahwa produk yang di kembangkan peneliti sangat valid untuk di jadikan media pembelajara dalam bentuk vidio pembelajaran pada materi penggolongan hewan berdasrkan jenis makanan. 1.Keefektipan vidio pembealajaran dapat kita lihat dari hasil pre test dan post test peserta didik yang dimana hasil belajar peserta didik pada pre test sebelum menggunakan produk yang di kembangkan peneliti yaitu ‘Belum tuntas ‘ dengan nilai rata -rata pada peserta didik 60.72 dan pada hasil post test peserta didik setelah menggunakan produk yang di kembangkan peneliti yaitu ‘tuntas “ dengan nilai rata -rata peserta didik 86,97 dan hasil belajar meningkat,dapat kita ketahui vidio pembelajaran ini sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 03:17 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 03:17 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/355 |