Heri Salmita, NIM: 22116039 (2024) PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM, MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS V KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Heri Salmita BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Heri Salmita BAB I-V.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman kurikulum, motivasi kerja, dan kepemimpinan kepala sekolah secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru SD di Gugus V Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi berbasis analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian berjumlah 52 guru, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman kurikulum tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru SD di Gugus V Bakongan Timur dengan nilai signifikansi sebesar 0,688 > 0,05. Namun, motivasi kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru SD di Gugus V Bakongan Timur dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05. Kepemimpinan kepala sekolah juga berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru SD di Gugus V Bakongan Timur dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Secara simultan, pemahaman kurikulum, motivasi kerja, dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru SD di Gugus V Bakongan Timur dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 370 S2 PMP |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 08:30 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:30 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/361 |