PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PELATIHAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL GURU SD NEGERI 58 KOTA BANDA ACEH

Mauladiah, NIM: 22116021 (2024) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PELATIHAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL GURU SD NEGERI 58 KOTA BANDA ACEH. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Mauladiah BAB I-V.pdf] Text
Mauladiah BAB I-V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mengkaji pengembangan buku panduan pelatihan berbasis digital untuk meningkatkan kompetensi digital guru di SD Negeri 58 Kota Banda Aceh, (2) menghasilkan buku panduan pelatihan berbasis digital yang efektif digunakan untuk meningkatkan kompetensi digital guru di SD Negeri 58 Kota Banda Aceh, (3) mengetahui dan mengkaji dampak proses buku panduan pelatihan berbasis digital dalam meningkatkan kopetensi digital guru di SD Negeri 58 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development. Subjek uji coba adalah guru SD Negeri 58 Kota Banda Aceh dan tim ahli. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Alat untuk mengumpulkan data adalah angket skala likert, angket terbuka, wawancara, alat tes pre tes dan pos test dan lembar observasi. Proses buku panduan pelatihan berbasis digital terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan monitoring serta tindak lanjut pasca pelatihan. Proses perencanaan diawali dengan analisis kebutuhan pelatihan. Pelatihan dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan pelatihan. Buku panduan pelatihan berbasis digital yang peneliti kembangkan terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan monitoring serta tindak lanjut pasca pelatihan adalah lebih baik dari buku panduan pelatihan yang ada sebelumnya. Pelatihan yang pernah dilakukan di SD Negerin 58 Kota Banda Aceh dilakukan secara tatap muka, pada pengembangan dilakukan pelatihan dalam jaringan. Dari hasil uji penerapan model mana buku panduan pelatihan berbasis digital melalui uji coba terbatas menunjukkan adanya perbedaan hasil pre test dan post test (peningkatan keefektifan) dari peserta pelatihan sebelum dan sesudah pelatihan berbasis digital dengan Wilcoxon Test p (0,00) < 0,005. Keunggulan dari buku panduan pelatihan berbasis digital yaitu buku panduan pelatihan berbasis digital merupakan hasil pengembangan dari buku panduan pelatihan di SD Negeri 58 Kota Banda Aceh dapat dengan efektif meningkatan kompetensi digital guru. Keterbatasan yaitu buku panduan pelatihan berbasis digital masih memerlukan pengujian yang lebih luas di luar dari SD Negeri 58 Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Panduan, Pelatihan, Kompetensi Digital
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 370 S2 PMP
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2024 09:41
Last Modified: 18 Nov 2024 09:41
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item
View Item