HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 BANDA ACEH

Azkia Afna, NIM: 20080025 (2024) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Azkia Afna BAB I-V.pdf] Text
Azkia Afna BAB I-V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya dengan lingkungannya. Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV yaitu hasil belajar IPAS siswa yang masih rendah, rendahnya pemahaman konsep IPAS ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu model pembelajaran yang digunakan guru belum inovatif sehingga mengakibatkan kejenuhan pada siswa dalam belajar dan berkurangnya minat siswa dalam pembelajaran IPAS. Permasalahan tersebut memerlukan solusi dengan menerapkan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 56 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian eksperimen jenis One Group Pretest dan Posttest. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling di kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 66,25 dan nilai rata-rata posttest sebesar 83,125. Teknik analisis data berbantu SPSS uji-correlation yang menunjukkan nilai sebesar 0,875, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 56 Banda Aceh. Maka kriteria pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Model PBL memiliki dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), IPAS, Hasil Belajar.
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2024 03:02
Last Modified: 13 Dec 2024 03:02
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item
View Item