PENGEMBANGAN MODEL PBL BERBASIS TEMATIK PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS III SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR

SNY Mestia, NIM: 1811080080 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PBL BERBASIS TEMATIK PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS III SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of SNY Mestia BAB I-V.pdf] Text
SNY Mestia BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan sumber daya manusia. Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur dalam mengorganisasikan pengalaman pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Keterampilan proses sains memiliki manfaat bagi siswa sekolah dasar karena melalui keterampilan proses sains siswa belajar mengembangan pikirannya serta diberi kesempatan untuk melakukan penemuannya. Tujuan penelitian ini yakni menghasilkan desain bahan ajar, menganalisis validitas (kelayakan) bahan ajar, dan menganalisis keefektifan bahan ajar model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian menggunakan Research and Development. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian yakni potensi dan masalah, pengumpulan data awal, desain produk, validasi produk, revisi produk dan uji coba produk. Berdasarkan uji validitas produk pada aspek materi mendapatkan jumlah nilai 80, sedangkan pada aspek desain produk dengan jumlah nilai 77 yakni keduanya mendapat kategori sesuai atau layak digunakan pada tahap selanjutnya. Keberhasilan penelitian pengembangan ini dapat dilihat dari nilai tes uji coba siswa yakni rata-rata nilai siswa sebesar 82, adapun nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60, di sisi lain yakni hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar mendapatkan rata-rata 88.4. Dari hasil tersebut bahwa kesukaan atau ketertarikan siswa pada bahan ajar sangat sesuai digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil tersebut maka kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar model problem based learning (PBL) berbasis tematik pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas III SD Negeri Kajhu Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar PBL, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2024 03:08
Last Modified: 13 Dec 2024 03:08
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item
View Item