PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SATUAN WAKTU SISWA KELAS III SD NEGERI 2 LAMCOT ACEH BESAR

Selvi Zahara, NIM: 20080018 (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SATUAN WAKTU SISWA KELAS III SD NEGERI 2 LAMCOT ACEH BESAR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Selvi Zahara BAB I-V.pdf] Text
Selvi Zahara BAB I-V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran, seperti: siswa kurang kosentrasi, kurang berpartisipasi aktif, dan siswa kurang mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggnakan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan peneliti metode eksperimen, bentuk desain eksperimen peneliti mengambil bentuk Pre-Experimental Desain One-Group Pretest-Posttest Desain. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Lamcot Aceh Besar. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SD Negeri 2 Lamcot Aceh Besar, pengambilan data menggunakan metode Purposive Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 21 siswa yang di ambil dari kelas III-A. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah perlakuan dilakukan. Dengan perolehan nilai rata-rata hasil pretest 53%, setelah menerapkan perlakuan hasil belajar meningkat nilai rata-rata menjadi 83%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan Model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Matematika SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, Satuan Waktu.
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2024 07:30
Last Modified: 13 Dec 2024 07:30
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item
View Item