Sukana, NIM: 20080064 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SDN 8 PEGASING. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Sukanaa BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sukanaa BAB I-V.pdf
Download (6MB)
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas V SDN 8 Pegasing belum maksimal, sehingga berdampak pada masih rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Untuk itu, dilakukan upaya peningkatan hasil dan aktivitas belajar dengan pembelajaran active learning tipe card sort. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada materi perubahan wujud benda melalui penerapan model pembelajaran active learning tipe card sort, (2) untuk
mengetahui tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran active learning tipe card sort, (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran active learning tipe card sort pada pelajaran IPA. Penelitian
ini menggunakan pendekatakan kuantitatif post test only control group design. x Populasi penelitian seluruh siswa SDN 8 Pegasing, sampel penelitian siswa kelas Va dan Vb berjumlah 41 orang. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji statistik (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran active learning tipe card
sort lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode ceramah yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 76,5 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 70. Hasil ini diperkuat dengan uji hipotesis bahwa thitung > ttabel (2,04 > 1,68). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe card sort lebih tinggi dari pada yang diajarkan dengan menggunakan metode pada siswa kelas V SDN 8 Pegasing. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model active learning tipe card sort di kelas V SDN 8 Pegasing sudah sangat maksimal yaitu lebih 80% siswa
dinyatakan aktif dalam pembelajaran. (3) Penerapan model pembelajaran active learning tipe card sort mendapat respon yang positif dari siswa, dimana lebih 85% siswa kelas V SDN 8 Pegasing mengakui sangat setuju dan setuju dengan model
active learning tipe card sort.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | active learning, card sort, hasil belajar |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:36 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:36 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/388 |