PENGGUNAAN MEDIA WORWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 61 BANDA ACEH

Arsal Mursalina, NIM: 20080059 (2024) PENGGUNAAN MEDIA WORWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 61 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Arsal Mursalina BAB I-V.pdf] Text
Arsal Mursalina BAB I-V.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak penggunaan media Wordwall terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 61 Banda Aceh dalam materi kekayaan budaya Indonesia. Media pembelajaran Wordwall bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa melalui interaksi berbasis teknologi yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain pre-eksperimen dengan metode one group pretest-posttest, melibatkan 25 siswa tanpa kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui pre-tes, post-test, lembar observasi, dan angket minat belajar. Analisis data menunjukkan distribusi normal pada uji normalitas (sig. Pretest 0,100 dan posttest 0,069). Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan derajat kebebasan 24 dan signifikansi α = 0,05 menunjukkan thitung (127,98) > ttabel (1,711), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dapat di simpulkan bahwa, berdasarkan presentase lembar observasi minat belajar siswa menunjukkan 87,5% dalam kategori “sangat baik” dan angket minat belajar siswa sebesar 84,08% kategori “Sangat tinggi”. Jadi, dengan demikian penggunaan Media Wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi kekayan budaya Indonesia kelas IV SDN 61 Banda Aceh. Adapun saran dalam penelitian ini adalah agar penggunaan media wordwall ini dapat di terapkan pada kelas lainnya dengan menyesuaikan dan memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik. Karena dengan menggunakan media wordwall ini, proses pembelajaran di kelas lebih menyenangkan dan membantu peserta didik lebih aktif pada saat proses pembelajaran dan dapat di kombinasikan dengan model pembelajaran variatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media wordwall, minat belajar, kekayaan budaya indonesia.
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2024 08:32
Last Modified: 13 Dec 2024 08:32
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item
View Item