Yusrikal, NIM: 190080005 (2023) EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTU EDUCANDY TERHADAP LITERASI NUMERASI MATERI POLA GAMBAR PADA LEVEL 1 SD. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Yusrikal BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yusrikal BAB I-V.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dari hasil observasi lapangan di sekolah dasar menunjukkan bahwa kurangnya kecakapan siswa dalam literasi numerasi. Masih banyak siswa yang kesulitan menggunakan bilangan, pola dan simbol yang terkait dalam matematika dasar untuk memecahkan masalah. Dalam proses pembelajaran matematika guru kurang menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa tersebut kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran make a match berbantu educandy terhadap literasi numerasi materi pola gambar pada level 1 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali kan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pretest, siswa yang tuntas 15 siswa dengan persentase sebesar 60%. Dan siswa yang tidak tuntas 10 siswa dengan presentase 40%. Selanjutnya, pada saat posttest siswa yang tuntas 23 siswa dengan presentase 92% dan siswa yang tidak tuntas 2 siswa dengan presentase 8%. Hasil uji ketuntasan klasikal menunjukkan hasil 92% dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas 2 sdn 23 banda Aceh setelah diterapkan model kooperatif tipe make a match berbantu educandy sudah memenuhi indikator ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu > 80%. Hasil analisis statistik inverensial dengan menggunakan rumus uji t, maka diperoleh nilai Thitung(8, 14) Ttabel(1, 711) dengan demikian hipotesis berbunyi " Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantu educandy terhadap literasi numerasi materi pola gambar pada level 1 SD " Efektif dan diterima dengan baik. Dan hasil N- gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Maka dikatakan bahwa model kooperatif tipe make a match berbantu educandy efektif terhadap pemahaman literasi numerasi materi pola gambar siswa kelas 2 SDN 23 banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model kooperatif, make a match, educandy, literasi numerasi, pola gambar |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 01:57 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 01:57 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/403 |