Agus Eriadi, NIM: 1911080106 (2023) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DENGAN ALAT PERAGA JEMBATAN GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 2 KANDANG. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Agus Eriadi BAB I -V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Agus Eriadi BAB I -V.pdf
Download (9MB)
Abstract
Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan pada siswa sekolah dasar, akan tetapi dalam pembelajaran matematika masih sering dijumpai hasil belajar siswa yang dibawah standar yang telah ditentukan oleh sekolah, serta pandangan siswa bahwa matematika kurang menarik dan kurangnya inovasi dalam meningkatkan semangat siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah metode demonstrasi dengan alat peraga jembatan garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kandang, (2) mengetahui respon siswa kelas IV SD Negeri 2 Kandang terhadap penggunaan metode demonstrasi dengan alat peraga jembatan garis bilangan dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan jenis One Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) tes dan 2) angket. Berdasarkan output Test Statistics diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,007. Karena nilai 0,007 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dengan alat peraga jembatan garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kandang. Berdasarkan respon siswa terhadap penggunaan metode demonstrasi dengan alat peraga jembatan garis bilangan diperoleh bahwa respon yang diberikan siswa terhadap pembelajaran pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah sangat positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Alat peraga, Hasil belajar, Bilangan bulat. |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 08:03 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 08:22 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/44 |