PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA SISWA PADA MATERI TUBUHKU KELAS 1 SD NEGERI BLANG KUCAK

Qharina Safitri, NIM: 1911080099 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA SISWA PADA MATERI TUBUHKU KELAS 1 SD NEGERI BLANG KUCAK. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Qharina Safitri BAB I-V.pdf] Text
Qharina Safitri BAB I-V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran di Kelas 1 SD Negeri Blang Kucak tidak sesuai ini menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran di kelas dan menyebabkan siswa tidak memahami materi. Sehingga siswa tidak mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah pada proses pembelajaran, sehingga nilai ulangan siswa banyak yang tidak memenuhi KKM. Untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran yang dianggap mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu penggunaan media Puzzle. Tujuan penelitian ini adalah ntuk mengetahui pengembangan dan mengetahui keefektifan media Puzzle terhadap penguasaan kosa kata siswa pada materi tubuhku kelas 1 SD Negeri Blang Kucak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D atau disebut Reasearch & Development dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 1 SD Negeri Blang Kucak dengan jumlah 10 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa media puzzle ini dapat sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai validasi media sebesar 92,24%, nilai validasi materi sebesar 100% dan nlai validasi bahasa sebesar 100%, dengan demikian nilai rata-rata untuk validasi media puzzle adalah sebesar 97,41% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan nilain hasil respon guru terhadap media Puzzle adalah sebesar 96%, sedangkan untuk respon siswa dengan nilai 95,6%. Selain itu, media puzzle efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai hasil belajar siswa saat evaluasi media dengan menggunakan post-test diperolah 90% dengan kategor “Sangat Efektif”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Puzzle, Tubuhku
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:09
Last Modified: 20 Aug 2024 08:23
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item
View Item