Nadia Ayu Prastika, NIM: 1911010033 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUKAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA TERPADU AL-AZHAR TAKENGON. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Nadia Ayu Prastika BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nadia Ayu Prastika BAB I-V.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Project Based Learning (PjBL) berbantukan media audiovisual efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Terpadu Al-Azhar Takengon dan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Terpadu Al- Azhar Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan Pre-Eksperimen Design One Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian ini 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data bersifat statistik deskriptif. Hasil tes diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantukan media audiovisual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Terpadu Al-Azhar Takengon. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil kegiatan Pre-Test di peroleh sebesar 61,42 dan Post-test 85,00. Hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantukan media audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa yang ditunjukkan dengan hasil Hipotesis thitung = 1,1770 dan taraf signifikan α= 0,025 dan df = N-2 = 28-2 = 26 maka diperoleh ttabel
= 2.0555. Sehingga dapat disimpulkan jika nilai thitung ≥ ttabel atau 1,1770 ≥ 2,05553 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran konkret berpengaruh terhadap hasil kemampuan menulis puisi siwa kelas X SMA Terpadu Al-Azhar Takengon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning dan Kemampuan Menulis Puisi |
Subjects: | Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 10:26 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 08:41 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/49 |