EFEKTIVITAS METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH

Rina Elvayanda, NIM: 1811070036 (2023) EFEKTIVITAS METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Rina Elvyanda BAB I-V.pdf] Text
Rina Elvyanda BAB I-V.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah proses pembelajaran yang dilakukan melalui kegiatan yang terbiasa dan kegiatan bermain, yang harus sejak dini di stimulasi, jika salah satu aspek perkembangannya terlewati begitu saja, maka akan berpengaruh dengan aspek perkembangan anak yang lainnya. Pengembangan bahasa anak adalah usaha atau kegiatan mengembangkan kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan lingkungannya melalui bahasa. Kemampuan bahasa anak dapat dikembangkan melalui metode bercerita. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh metode bercerita terhadapa, kemampuan bahasa anak di TK Save The Kids Banda Aceh. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode eksperimen subjek tunggal (single subjek eksperiement). Penelitian ini menggunakan desain subjek tunggal dengan penggunaan data individu lebih utama dari pada variabel terikat yang sedang diteliti atau perilaku sasaran (target behavior) dilakukan berulang-ulang dengan periode waktu tertentu, yaitu perhari. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh anak di TK Save The Kids Banda Aceh. Sampel pada penelitian ini yaitu 25 orang siswa di kelas kelompok B di TK Save The Kids Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,tes, dan dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul yang disajikan dalam tabel skor pre-test dan post-test, kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian bahwa di peroleh kesimpulan bahwa metode bercerita mengembangkan kemampuan berkomunikasi lisan anak usia 5-6 tahun di TK Save The Kids Banda Aceh efektif, ditemukan hasil penelitian dengan cara menghitung nilai t lebih besar diperoleh bahwa harga thitung adalah 14,64. Sehingga , harga t yang diperoleh (thitung) lebih besar dibandingkan dengan harga t dalam tabel nilai persentil untuk distribusi ( ttabel). Pada taraf signifikasi α = 0,05 dengan derajat kebebeasan db = N-1 = 24-1 = 23, diketahui harga ttabel adalah 1,71. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa harga thitung > ttabel (14,64 > 1,71). Sehingga, Ho diterima yaitu bahwa metode bercerita meningkatkan Kemampuan berkomunikasi lisan anak usia 5-6 tahun TK Save The Kids Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berkomunikasi Lisan, Metode Bercerita
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372 PG PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 02 May 2024 07:26
Last Modified: 20 Aug 2024 08:25
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item
View Item