Muliani, NIM: 1811080023 (2023) EFEKTIVITAS PERMAINAN KARTU HURUF DALAM MELATIH KETERAMPILANBACA TULIS PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS 1 BDI SD NEGERI 10 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Muliani BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muliani BAB I-V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 02 Januari 2023 pada siswa kelas I B di SD Negeri 10 Banda Aceh menuturkan bahwa masih terdapat beberapa siswa yang mengalami disleksia (kesulitan belajar) dalam hal baca tulis. Untuk tingkat kesulitannya pun berbeda-beda. Ada yang memang sama sekali belum mengenal huruf, sudah mengenal huruf tetapi belum bisa menggabungkan dan lain sebagainya. Disamping itu metode yang diterapkan guru kurang variatif sehingga anak mudah bosan. Pembelajaran membaca menjadi kurang diminati anak dan anakpun menjadi kurang aktif. Untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam mengajarkan membaca menulis di SD Negeri 10 Banda Aceh tersebut, maka peneliti memberikan alternative untuk mengajarkan membaca dengan metode permainan kartu huruf. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: apakah penerapan permainan kartu huruf efektif dalam melatih keterampilan baca tulis pada anak berkesulitan belajar kelas I B di SD Negeri 10 Banda Aceh?, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I B SDN 10 Banda Aceh yang mengalami kesulitan belajar yang berjumlah 16 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengolahan data reratatesawal(pretest) di bagian terdahulu diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan awal dalam perolehan hasil belajar siswa beradapada kategori kurang dan dibawah KKM. Dalam penelitian ini pembelajaran menggunakan permainan kartu huruf juga membawa siswa mencapai ranah kognitif, afektif, danpsikomotor. Nilai rata-rata kognitif pretest sebelum diterapkan permainan kartu huruf sebesar 44,68 dan terjadi peningkatan saat diberikan post-test yaitu 67,125.Hal ini berarti bahwa terdapat efek hasil belajar siswa pada anak berkesulitan belajar kelas I B di SD Negeri 10 Banda Aceh dengan penggunaan permainan kartu huruf.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan kartu huruf, Keterampilan Baca Tulis, Kesulitan belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 02 May 2024 08:11 |
Last Modified: | 02 May 2024 08:11 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/56 |