PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN MUTU GURU MTsN DI PIDIE

Azhar, NIM: 21116008 (2023) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN MUTU GURU MTsN DI PIDIE. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Azhar Kiran-S2PMP.pdf] Text
Azhar Kiran-S2PMP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam pembangunan bangsa, melalui pendidikan kita menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengisi pembangunan bangsa ke depan. Pentingnya pendidikan sebagai pilar pembangunan secara tegas tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Membangun pendidikan berkualitas jelas bukan pekerjaan sederhana, sehingga membutuhkan kerja keras, aset, dan pengorbanan yang luar biasa. Salah satu pendekatan yang menarik untuk mencapai tujuan ini adalah melalui lembaga pendidikan formal, yaitu Madrasah. Pelaksanaan pendidikan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan sumber daya manusia. Madrasah juga menjadi salah satu sarananya, karena madrasah adalah lembaga pendidikan formal yang dalam pelaksanaan pendidikan membutuhkan personal madrasah, misalnya harus ada kepala madrasah, guru, siswa, tenaga kependidikan, dan pendukung lain yang berkewajiban melaksanakan proses pendidikan di madrasah, akan tetapi guru sebagai tenaga pengajar di madrasah merupakan komponen utama sumber daya manusia. Untuk mengawasi, mengevaluasi dan memperbaiki proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru diperlukan adanya supervisi. Kegiatan supervisi ini lebih jauh diharapkan mampu mengkonstruk mindset para guru supaya mempunyai komitmen sehingga mereka dapat melaksanakan fungsi dan tugasnya secara profesional. Dalam penelitian ini akan mengkaji tentang: 1) Supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja dan mutu guru;
2) Proses pelaksanan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja dan mutu guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh: 1) Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dengan metode berkunjung langsung ke kelas, dan terkadang hanya mendengarkan jalannya pembelajaran di luar kelas saja dll; 2) Hasil dari supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala MTsN 4 Pidie sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada, diantaranya: a) kunjungan kelas. b) observasi kelas. c) inter visitasi. d) percakapan peribadi. e) rapat guru. Demikian juga hasil proses pelaksanaan dari supervisi yang dilakukan oleh kepala MTsN 4 Pidie ini, menjunjukkan terlaksananya segala persiapan guru dalam proses mengajar (perangkat pembelajaran), hasil pelaksanaan kurikulum yang dapat dicapai pada periode tertentu, keaktifan guru dalam menjalankan tugas, serta sikap atau tingkah laku guru serta meningkatnya kinerja dan mutu guru dalam memanifestasi dari kemampuan guru untuk merencanakan, melaksanakan, dan menilai hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Akademik, Kinerja, Mutu, Guru, MTsN, Pidie
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 371 Pendidikan Penjaminan Mutu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:44
Last Modified: 20 Aug 2024 08:20
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item
View Item