Yuli Sinta Rahmawati, NIM: 1911080011 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP LITERASI NUMERASI MATERI BILANGAN CACAH KELAS IV DI SD N BLANG KUCAK. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Yuli Sinta BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yuli Sinta BAB I-V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Hasil observasi awal di kelas IV SD diketahui bahwa kemampuan literasi numerasi siswa masih rendah hal ini dikarenakan guru jarang menggunakan media atau model pembelajaran matematika khususnya literasi pada matematika. Ketika kegiatan pembelajaran berlangsung guru menyampaikan materi pembelajaran secara ceramah sehingga siswa kurang terlibat aktif dan mengakibatkan pemahaman siswa kurang sehingga berdampak terhadap menurunnya hasil belajar siswa. Untuk menarik perhatian siswa, maka peneliti tertarik menggunakan model kooperatif. Model pembelajaran kooperatif dengan bekerja sama memiliki banyak tipe, salah satunya ialah talking stick atau disebut dengan tongkat berbicara. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap literasi numerasi materi bilangan cacah sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penerapan model pembelajaran talking stick terhadap literasi numerasi materi bilangan cacah sekolah dasar. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan design one group pretes postest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD negeri bilang Kucak yang berjumlah 21 siswa. instrumen penelitian ini adalah observasi, pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat Pretest siswa yang tuntas 15 siswa dengan persentase sebesar 71,4%. Dan siswa yang tidak tuntas 6 dengan persentase 28,6%. Selanjutnya pada saat pos tes siswa yang tuntas 21 siswa dengan persentase 100% dan siswa yang tidak tuntas 0%. Hasil analisis statistik menggunakan rumus uji t, maka diperoleh nilai t hitung (16,32) t tabel (1,7247)dengan demikian hipotesis berbunyi “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap literasi new merasi materi bilangan cacah sekolah dasar” efektif dan diterima dengan baik. Dan nilai N-Gain Sebesar 0,80 dengan kategori tinggi. Maka dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap pemahaman literasi numerasi materi bilangan cacah siswa kelas empat SD N Blang Kucak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model kooperatif, talking stick, literasi numerasi, bilangan cacah |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 07:54 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 07:54 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/729 |