ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PENJUMLAHAN BERSUSUN DAN PENGURANGAN KELAS II SDN 57 BANDA ACEH

Harmil Aqsha, NIM: 20080091 (2024) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PENJUMLAHAN BERSUSUN DAN PENGURANGAN KELAS II SDN 57 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Harmil Aqsha BAB I-V.pdf] Text
Harmil Aqsha BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal yang menyebabkan kesulitan siswa dalam menyelesaikan penjumlahan bersusun dan pengurangan di SDN 57 Banda Aceh. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini berfokus pada identifikasi dan analisis faktor faktor internal yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam operasi matematika
dasar tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen hasil pekerjaan siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kesulitan siswa terutama disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dasar, kesulitan dalam menghitung, lemahnya kemampuan prosedural, kurangnya konsentrasi, rendahnya motivasi belajar, dan kecemasan matematika. Temuan ini memberikan dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif guna
membantu siswa mengatasi kesulitan dalam penjumlahan bersusun dan pengurangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesulitan berlajar, penjumlahan bersusun, pengurangan, faktor internal
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:26
Last Modified: 07 Feb 2025 08:26
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item
View Item