Rajif Fandi, NIM: 20080075 (2024) KESIAPAN SEKOLAH DALAM MENERAPKAN P5 (PROJECT PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS 1 DAN 4 SD 15 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Rajif Fandi BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rajif Fandi BAB I-V.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa suatu program dalam kurikulum merdeka perlu diteliti lebih banyak untuk mendukung dan mensosialisasikan program-program dalam kuriulum merdeka. Penelitian ini bertujuan mengkaji
kesiapan sekolah dalam melaksanakan salah satu program dalam kurikulum merdeka yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dengan mengunakan pendekatan deskriptif dengan metode peneliti kualitatif, penelitian ini berusaha
mengeksplorasi persiapan, implementasi dan evaluasi terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 15 Banda Aceh. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua guru kelas yang sudah ditugaskan untuk
melaksanakan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Instrument yang digunakan adalah observasi pembelajaran, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil
penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa SD Negeri 15 Banda Aceh sudah berkategori layak melaksanakan program P5 karena dalam melakukan pembelajaran dengan P5 peserta didik masih harus diingatkan dan dibantu oleh guru. Perencanaan
projek P5 di SD Negeri 15 Banda Aceh sudah dilakukan dengan sangat baik mulai dari mengikuti pelatihan bagi guru kelas yang mengimplementasikan P5 serta melakukan sosialisasi secara terstruktur pada tiap tahapan persiapan projek ditambah sudah terdapatnya papan bacaan tentang informasi P5 di lingkungan sekolah. Implementasi projek P5 di SD Negeri 15 Banda Aceh sudah dilakukan selama 2 tahun dalam kategorisasi masih permulaan dan sudah siap untuk masuk pada tahapan implementasi mandiri. Sudah diterapkan pada dua kelas yaitu kelas I dan IV yang selanjutnya akan ditambah kelas yang melaksanakannya secara bertahap. Sedangkan
tahapan evaluasi tiap program P5 dilakukan secara terstruktur mulai dari evaluasi proses dan evauasi hasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Projek penguatan profil pelajar Pancasila. |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 09:05 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 09:05 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/736 |