PENGARUH METODE KAISA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN JUZ 30 PADA KELOMPOK B DI PAUD IT JABAL NUR ACEH BESAR

Mauliza Yanti, NIM: 1911070034 (2024) PENGARUH METODE KAISA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN JUZ 30 PADA KELOMPOK B DI PAUD IT JABAL NUR ACEH BESAR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Mauliza Yanti BAB I-V.pdf] Text
Mauliza Yanti BAB I-V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode Kaisa adalah cara menghafal Al-Qur’an yang berorientasi pada hafalan dan pemahaman ayat Al-Qur’an beserta artinya melalui gerakan atau kinestetik yang disesuaikan dengan arti setiap ayat. Sehingga memberikan kemudahan siswa untuk memahami setiap ayat Al-Qur’an yang diberikan.Akan tetapi, ditemukan beberapa anak PAUD IT Jabal Nur Aceh Besar belum mencapai indikator kemampuan menghafal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode kaisa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an juz 30 pada anak kelompok B di PAUD IT Jabal Nur Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pra-eksperimen dengan desain pre-tes dan post-tes one group. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampel (secara sengaja). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas B PAUD IT Jabal Nur Aceh Besar. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 28 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampel (secara sengaja). Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul yang disajikan dalam tabel skor pre-test dan post-test, kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa metode kaisa mampu memberikan stimulasi terhadap kemampuan menghafal anak, hasil penelitian ditemukan bahwa metode kaisa mampu memberikan stimulasi terhadap kemampuan menghafal. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil kegiatan pre-test diperoleh sebesar 11,214, dan post-test diperoleh sebesar 22,785. Sesuai dengan Pengujian Hipotesis dalam perhitungan statistik maka di dapat t_hitung=15,62 Untuk membandingkan t_hitung dengan t_tabel maka perlu dicari dahulu derajat kebebasan dengan menggunakan rumus dk = (n – 1)= (28-1) = 27 Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh t_0,95(27) =1,70, dan hasil yang di dapat 〖 t〗_(hitung )≥t_(tabel ) maka H0 tertolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Kaisa efektif terhadap kemampuan menghafal anak usia dini pada kelompok B di PAUD IT Jabal Nur Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Kaisa, menghafal Al-Qur’an Juz 30
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372 PG PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2025 02:44
Last Modified: 10 Feb 2025 02:44
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item
View Item