Afnidar, NIM: 22116034 (2024) MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH DI SMA NEGERI KABUPATEN ACEH SELATAN. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Afnidar BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Afnidar BAB I-V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah dalam penyelenggaraan sekolah, (2) mengetahui bentuk partisipasi pendidik, tenaga kependidikan dan masyarakat terhadap visi sekolah, dan (3)
mengetahui desain model kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang efektif dan efisien dalam meningkatkan kinerja sekolah.Penelitian ini dilakukan di kabupaten Aceh Selatan pada 2 sekolah menengah atas (SMA); SMA Unggul Darusa’adah Kluet Raya dan SMAN 2 Kluet Utara. Metode penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan(Research and Development) dengan level 1, yaitu melakukan penelitian dan menghasilkan model yang divalidasi secara internal. Untuk mendapatkan model, digunakan 3 tahapan penelitian yaitu: tahap 1 studi pendahuluan, tahap 2
pengembangan model, tahap 3 validasi model. Sumber data penelitian dipilih secara purposive dan snowball sampling. Data diperoleh dengan menggunakan 3 teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dinamakan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Model ini merupakan hasil pengembangan dari
model Bass dan Avolio (2014) yang telah banyak digunakan pada organisasi profit, dengan mendesain ulang komponen yang dianggap berpengaruh terhadap pencapain kinerja dan dapat diterapkan di sekolah. Model telah divalidasi melalui
Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu FGD dengan kepala sekolah sebagai paraktisi dan FGD bersama pakar yang bergelar Doktor. Model ini memuat 4 dimensi kepemimpinan transformasional, yaitu pengaruh ideal, motivasi yang menginspirasi, rangsangan intelektual dan
perhatian secara individual. Model hasil pengembangan ini dibuat dalam satu rangkaian sistem yang didalamnya terdiri dari: input, proses, output, outcome, dan impact. Agar mempermudah dalam penerapannya, model ini dilengkapi dengan
panduan, sehingga kepala sekolah akan lebih mudah mempelajari dan menerapkannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan transformasional, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja sekolah |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 370 S2 PMP |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 03:07 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 03:07 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/741 |