EVALUASI GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMAN 1 TAPAKTUAN

Sri Nastuti, NIM: 22116045 (2024) EVALUASI GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SMAN 1 TAPAKTUAN. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Sri Nastuti BAB I-V.pdf] Text
Sri Nastuti BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian menemukan dan mengetahui evaluasi dari perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut guru penggerak dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMAN 1 Tapaktuan. Metode penelitian bersifat kualitatif dengan jenis deskriptif. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru penggerak, guru mata pelajaran dan siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dan analisis bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi guru penggerak dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di SMAN 1 Tapaktuan diawali dengan tahap perencanaan yang mencakup penentuan tujuan, perencanaan pembelajaran berdiferensiasi, menyiapkan asesmen diagnostik tentang kesiapan dan gaya belajar peserta didik. Tahap pelaksanaan pengembangan kompetensi pedagogik guru di SMAN 1 Tapaktuan dilakukan dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan melakukan pengelolaan kelas yang mengakomodir kebutuhan dan gaya belajar peserta didik sedangkan untuk evaluasi tindak lanjut guru penggerak dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah dengan selalu melakukan refleksi baik pada diri guru dalam pembaharuan pembelajaran, melakukan praktik baik dengan rekan sejawat sehingga didapatkan pembaruan pembelajaran dilakukan penilaian supervisi dan Penilaian Kinerja Guru (PKG) guna memonitoring dan melakukan perbaikan-perbaikan kompetensi pedagogik guru yang kesemua bermuara terhadap keberhasilan para peserta didik di masa datang. Berdasarkan hasil penilitian dari Kompetensi pedadogik guru sebelum dan setelah dilakukan evaluasi guru penggerak di SMAN 1 Tapaktuan terjadi peningkatan yang sangat baik dilihat dari aspek wawasan keilmuan, psikologi pendidikan, pengembangan kurikulum, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pemanfaatan teknologi dan evaluasi tindak lanjut dalam peningkatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, guru penggerak, kompetensi pedagogik guru.
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 370 S2 PMP
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2025 03:18
Last Modified: 10 Feb 2025 03:18
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item
View Item