Budi Artina, NIM: 22116040 (2024) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI GUGUS GARUT KECAMATAN DARUL IMARAH, ACEH BESAR. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Budi Artina BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Budi Artina BAB I-V.pdf
Download (6MB)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji (1) model kinerja guru yang dibangun berdasarkan hubungan kausal asosiatif antara variabel bebas dengan variabel terikat kinerja guru untuk diterapkan secara adaptif di SD Negeri Gugus Garut Kecamatan Darul Imarah kabupaten Aceh Besar, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Darul Imarah Gugus Garut Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar (3) pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Darul Imarah Gugus Garut Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar (4) pengaruh motivasi kerja dan iklim organisasi secara bersama terhadap kinerja guru SD Negeri Gugus Garut Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar.
Metode penelitian adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional dengan pola kajian korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah Dasar (SD) Negeri Gugus Garut kecamatan Darul Imarah yang berjumlah 39
orang. Selanjutnya jumlah sampel dalam penelitian adalah 36 orang yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi
sederhana serta ganda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) motivasi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri Gugus Garut dengan koefisien korelasi rx1y= 0,456 serta nilai t hitung adalah 2,99. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel motivasi kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 16,03%, (2) motivasi kerja berpengaruh secra posotif dan signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri Gugus Garut dengan koefisien
korelasi rx1y= 0,578 serta nilai t hitung adalah 4,13. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel iklim organisasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 25,57%, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja dan iklim organisasi terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi R = 0,645 serta nilai F hitung adalah sebesar 11,75. Dalam rangka meningkatkan kinerja guru, kepala sekolah sebaiknya lebih meningkatkan meningkatkan komunikasi dan interaksi sesama guru. Di samping itu, kepala sekolah beserta dinasPendidikan Aceh Besar untuk meningkatkan kelengkapan sarana dan prasarana untuk motivasi guru dalam menjalankan tugasnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Kerja, Iklim Organisasi, Kinerja Guru |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 370 S2 PMP |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 03:31 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 03:31 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/744 |