PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDIT NURUL ISHLAH BANDA ACEH

Cut Yessi Elviza, NIM: 20080019 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDIT NURUL ISHLAH BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Cut yessi BAB I-V.pdf] Text
Cut yessi BAB I-V.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan sumber dan media pembelajaran merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan efektif. Media Truth or Dare berisi pertanyaan dan tantangan seputar materi pembelajaran dengan menggunakan dua jenis kartu, yaitu kartu Truth dan Dare. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media kartu Truth or Dare berbasis teknologi di kelas IV SDIT Nurul Ishlah dan mengetahui kelayakan media kartu Truth or Dare berbasis teknologi pada pembelajaran IPAS SDIT Nurul Ishlah. Media kartu Truth or Dare berbasis teknologi pada pembelajaran IPAS yang dikembangkan dan di uji cobakan kepada 25 siswa kelas IV SDIT Nurul Ishlah Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan lembar validasi kepada 3 validator untuk menilai kelayakan produk media yang dikembangkan. Kelayakan media dapat dilihat dengan penilaian ahli media dengan skor 84%, sehingga mendapatkan kriteria “Sangat Valid”, presentase penilaian ahli materi dengan skor 86% sehingga mendapatkan kriteria “Sangat Valid”, dan presentase penilaian ahli Bahasa dengan skor 88% sehingga mendapatkan kriteria “Sangat Valid”, maka dari hasil tersebut media yang dikembangkan layak digunakan. Peningkatan pemahaman siswa dapat ditentukan berdasarkan hasil pretest dan posttes sehingga mendapatkan nilai rata-rata sebanyak 58,2 dan 82,4 dapat dikatakan sudah meningkat. Adapun angket diberikan kepada guru dan siswa untuk melihat kelayakan media kartu Truth or Dare berbasis teknologi dengan presentase 66% dan 92,80, maka dari itu pengembangan media kartu Truth or dare berbasis teknologi untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDIT Nurul Ishlah Banda Aceh layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: artu Truth or Dare Berbasis Teknologi, ADDIE, Pemahaman Siswa, IPAS
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2025 03:49
Last Modified: 10 Feb 2025 03:49
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item
View Item