Nina Yuli Putri, NIM: 1811070023 (2024) EFEKTIVITAS METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA EKSPRESIF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-KAWANAD BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Nina Yuliputri BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nina Yuliputri BAB I-V.pdf
Download (4MB)
Abstract
Kemampuan bahasa ekspresif sangat diperlukan untuk mendukung komunikasi yang harus dimiliki oleh setiap orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kemampuan berbahasa ekspresif di TK Al-Kawanad Banda Aceh masih belum berkembang dengan baik sehingga diperlukan metode bermain peran untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode bermain makro terhadap peningkatan kemampuan berbahasa ekspresif pada anak kelompok B di TK Al-Kawanad Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen. Sampel penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 14 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dinilai melalui lembar observasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji statistika (uji-t). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan metode bermain peran makro sebanyak 14,29% anak belum berkembang, sebanyak 42,85% anak mulai berkembang, dan sebanyak 42,85% anak berkembang sesuai harapan. Setelah penerapan metode bermain peran makro sebanyak 57,15% berkembang sangat baik kem, sebanyak 35,71% anak berkembang sesuai harapan, 7,14% anak mulai berkembang dan tidak ada lagi anak yang belum berkembang. Penerapan metode bermain peran makro efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif pada anak B di TK Al-Kawanad Banda Aceh yang dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yaitu nilai t-hitung 17,92 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,77 sehingga nilai t- hitung > harga t-tabel (17,92> 1,77) pada taraf signifikan 5%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode bermain peran makro, bahasa ekspresif. |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372 PG PAUD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 05:17 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 05:17 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/750 |