PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN MATERI NKRI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NEGERI 44 BANDA ACEH

Artika Safitri, NIM: 20080034 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL MENGGUNAKAN MODEL BERMAIN PERAN MATERI NKRI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NEGERI 44 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Artika Safitri BAB I-V.pdf] Text
Artika Safitri BAB I-V.pdf

Download (9MB)

Abstract

Media audiovisual adalah alat yang menggabungkan gambar dan suara melalui video untuk menyampaikan informasi. Model bermain peran adalah memerankan tokoh-tokoh atau benda-benda di sekitar dengan tujuan untuk mengembangkan daya khayal (imajinasi), dan penghayatan terhadap bahan pengembangan yang dilaksanakan. Negara kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara yang berbentuk kesatuan dan bukan federasi NKRI memiliki ciri khas sebagai sistem pemerintahan terpusat di mana seluruh kewenangan utama yang berada di tangan pemerintahan pusat meskipun terdapat pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan daerah prinsip kesatuan negara tetap dijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan respon peserta didik serta pendidik terhadap media audiovisual menggunakan model bermain peran materi NKRI pada pembelajaran pendidikan Pancasila kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Devlopment (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi) dan (5) Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi, angket, tes dan hasil belajar, sehingga media pembelajaran audiovisual termasuk kedalam kategori valid. Dilihat dari hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa maka yang diperoleh nilai keseluruhan yaitu 93% kategori sangat valid. Selanjutnya angket respon guru untuk media Audiovisual menggunakan model bermain peran dari 12 indikator mendapatkan hasil dengan kategori sangat praktis dan kusioner respon siswa 4,53 dalam kategori praktis. Pada tahap evaluasi hasil tes siswa diperoleh nilai keseluruhan 81% dengan kategori efektif. Dengan demikian media audiovisual menggunakan model pembelajaran bermain peran sangat bagus digunakan pada materi NKRI pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media audiovisual, model bermain peran, NKRI
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2025 02:56
Last Modified: 11 Feb 2025 02:56
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item
View Item