Yulia Ekawati, NIM: 22116009 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DI KOTA SIGLI. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Yulia Ekawati BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yulia Ekawati BAB I-V.pdf
Download (9MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini menganalisis penyusunan KOSP oleh kepala sekolah berdasarkan PMM di SD Kota Sigli, pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru berdasarkan PMM di SD Kota Sigli dan pelaksanaan P5 oleh guru berdasarkan PMM di SD Kota Sigli. Metode penelitian bersifat kualitatif dengan jenis deskriptif. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kurikulum, guru dan guru penggerak. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dan analisis bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan KOSP oleh kepala sekolah di SD Kota Sigli sudah sesuai dengan PMM dengan berorientasi pada peserta didik dalam hal lietrasi dan P5 serta didasari dengan pertimbangan lingkungan sekitar siswa, baik kondisi alam maupun sosial budaya yang dalam penyusunan KOSP tersebut melibatkan elemen sekolah seperti guru, kepala bagian kurikulum, kemite sekolah dan tenaga kependidikan lainnya. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru berdasarkan PMM di SD Kota Sigli dilakukan dengan pemetaan kebutuhan belajar peserta didik melalui asesmen diagnostic, merancang pembelajaran berdasarkan hasil pemetaan dengan menuliskannya pada modul ajar, menjalankan strategi diferensiasi proses serta mengevaluasi dan merefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung serta melakukan evaluasi dengan sistem asesmen formatif dan sumatif. Pelaksanaan P5 oleh guru berdasarkan PMM di SD Kota Sigli terlihat kedalam enam dimensi. Pertama, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME. Kedua, berkebinnekaan global dengan menuntut siswa mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain. Ketiga, mandiri dengan berupaya melahirkan siswa yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Keempat, bergotong royong dengan menuntut siswa memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Kelima, bernalar kritis yang menuntut siswa mampu membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Keenam, pelajar yang kreatif dengan menuntun siswa agar mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Mutu Pendidikan |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 370 S2 PMP |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 03:01 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 03:01 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/765 |