PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI KOTA BAHAGIA

Irmalisa, NIM: 190050008 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI KOTA BAHAGIA. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Irmalisa BAB I-V.pdf] Text
Irmalisa BAB I-V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran PBL. Salah satu tujuan matematika adalah kemampuan menjelaskan keterkaitan antar konsep matematika. Oleh karena itu, pemahaman konsep matematis sangat penting dalam proses pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran menjadi penentu perkembangan pemahaman konsep matematis siswa. Model pembelajaran PBL menjadi alternatif yang tepat untuk siswa mengembangkan pemahaman konsep matematisnya. Proses pembelajaran PBL dilakukan dengan memberikan soal tes uraian yang berjumlah 3 soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Kota Bahagia yang terdiri dari 42 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis berupa pretest-posttest dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri Kota Bahagia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep matematis siswa, pembelajaran PBL dan Discovery Learing
Subjects: Sains (500-599) > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:02
Last Modified: 11 Feb 2025 04:02
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item
View Item