PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD N 2 LAMCOT

Budi Rahmat, NIM: 20080038 (2024) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD N 2 LAMCOT. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Budi rahmat BAB I-V.pdf] Text
Budi rahmat BAB I-V.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV antara yang menggunakan pendekatan saintifik dan yang menggunakan pendekatan konvensional. Jenis pendekatan penelitian ini ialah kuantitatif quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN 2 Lamcot, sebanyak 52 siswa dan masing-masing kelas sebanyak 26 siswa diambil dari sampel penelitian. Yaitu, kelas IV A dengan jumlah siswa 26 orang sebagai kelas kontrol dan kelas IV B dengan jumlah siswa 26 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan soal tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas kontrol 56,11 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen 62,34. Sedangkan hasil analisis data post-test kelas kontrol 62,03 dan rata-rata post-test kelas eksperimen 80,03. Hasil uji hipotesis menggunakan T-test (independen) diperoleh thitung = 7,94 untuk dk = 50 dan α= 5% diperoleh Ttabel sebesar 2,00 yang berarti Thitung > Ttabel (7,94 > 2,00). Jadi Pada penelitian ini, pendekatan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Lamcot.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:52
Last Modified: 11 Feb 2025 04:52
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item
View Item