PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI SIMULASI GUNUNG MELETUS PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA Di KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH

Yenni, NIM: 20080131 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI SIMULASI GUNUNG MELETUS PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA Di KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Yenni BAB I-V.pdf] Text
Yenni BAB I-V.pdf

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning akan mempunyai pengaruh yang sangat berbeda terhadap siswa, yang mana hal ini akan mempengaruhi minat dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dalam pembelajaran, dengan penggunaan model pembelajaran Discovery
Learning akan sangat membantu siswa dalam memahami materi dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran sangat perlu diperhatikan bagaimana seorang guru menggunakan model pembelajaran saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan
model pembelajaran Discovery Learning melalui simulasi gunung meletus terhadap minat belajar siswa pada pelajaran IPAS materi bencana alam kelas V SD Negeri 22 Banda Aceh. (2) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Discovery Learning melaluisimulasi gunung meletus terhadap minat belajar siswa pada pelajaran IPAS materi bencana alam kelas V SD Negeri
22 Banda Aceh.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SD Negeri 22 Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket pada siswa kelas V-B. Data hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa: (1)
Terdapat adanya pengaruh antara variabel metode pembelajaran Discovery Learning melalui simulasi gunung meletus terhadap minat belajar siswa yakni berdasarkan uji regresi linier sederhana yakni Y = 7,144 + 0,615 X. (2) Adanya
pengaruh yang signifikan antara variabel metode pembelajaran Discovery Learning melalui simulasi gunung meletus terhadap minat belajar siswa, yakni thitung 6,678 > ttabel 2,048 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Dari hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan besarnya pengaruh variabel metode pembelajaran Discovery Learning melalui simulasi gunung meletus terhadap minat belajar siswa sebesar 62,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Minat Belajar.
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2025 07:35
Last Modified: 11 Feb 2025 07:35
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item
View Item