Sri Restanti, 1811080081 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS IV SD NEGERI KAJHU. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Sri Restanti BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sri Restanti BAB I-V.pdf
Download (9MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti di SD Negeri Kajhu, menunjukkan bahwa terdapat masalah yang siswa hadapi pada saat proses pembelajaran dalam mempelajari mata pelajaran IPA. Sebagian siswa di sekolah tersebut memiliki hasil belajar yang masih rendah, artinya nilai yang diperoleh siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Nilai KKM sebesar 70. Setelah melakukan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA diketahuibahwa dalam proses belajar IPA di kelas IV SD Negeri Kajhu belum menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran. Guru mengatakan belum pernah menggunakan metode Mind Mapping. Oleh karena itu, perlu pembelajaran yang lebih menarik, yaitu dengan pembelajaran menggunakan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri Kajhu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah terdapat penggunaan metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kajhu?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVc SD Negeri Kajhu yang berjumlah 22 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil hasil pengolahan data rerata tes awal (pretest) dalam perolehan hasil belajar siswa berada pada kategori kurang dan di bawah KKM yaitu 50,31. Setelah diberikan perlakuan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengolahan data rerata tes akhir (posttest) diperoleh kesimpulan kemampuan akhir (posttest) dalam perolehan hasil belajar siswa berada pada kategori di atas KKM yaitu 80,77. Pembelajaran tematik menggunakan metode Mind Mapping juga membawa siswa mencapai ranah kognitif. Penerapan metode Mind Mapping yang diterapkan memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya melalui kegiatan diskusi, dan kerja sama kelompok dalam pembelajaran berlangsung. Sehingga diharapkan agar guru menggunakan metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Metode Mind Mapping, Hasis Belajar Siswa |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 08:05 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 08:05 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/778 |