PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 6 BANDA ACEH

Fitriani M, NIM: 20080014 (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 6 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Fitriani BAB I-V.pdf] Text
Fitriani BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berbahasa mempunyai empat komponen yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kemampuan membaca permulaan memiliki peran yang sangat esensial bagi kehidupan seorang individu, sehingga pengajaran membaca yang diperolehnya pada pendidikan pertama mesti memperoleh perhatian khusus. Pada kenyataannya, Masih banyak diantara siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Salah satu alternatif yang digunakan adalah dengan menerapkan model cooperatif learning tipe scramble. Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas I SD Negeri 6 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan observasi, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Instrumen penelitian di uji dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda dan uji tingkat kesukaran. Analisis data menggunakan uji normalitas, N-Gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian disimpulkan berdasarkan kriteria pengujian pengambilan keputusan jika nilai signifikansi 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,549 > 0,05 sehingga Ha diterima maka ada pengaruh model cooperatif learning tipe scramble terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 6 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca permulaan, cooperatif learning, scramble
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2025 02:39
Last Modified: 12 Feb 2025 02:39
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item
View Item