Rajusandi Rahmat Amin, NIM: 1811080091 (2024) ANALISIS PERSPEKTIF DALAM BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAY PADA SISWA KELAS 5 SDN 2 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Rajusandi BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rajusandi BAB I-V.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Hal ini dibuktikan melalui nilai dan kemampuan
siswa pada penampilan siswa dalam berbicara saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif siswa dalam berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui metode role play dengan pendekatan deskriptif kualitatif di sekolah dasar kelas V. Adapun instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah questioner dan wawancara. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 2 Banda Aceh dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kela V A yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan tekik analisis data yang meliputi pengurangan data, data ditampilkan, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Ada dua variable yang menjadi poin penelitian ini adalah metode role play dan perspektif siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa mayoritas siswa memberikan respon dan tanggapan positif mengenai metode roleplay terhadap peningkatan kemampuan siswa berbicara, baik secara efektivitas, efisiensi, ketertarikan, rasa percaya diri, dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perspektif Siswa, Kemampuan Berbicara, Metode Roleplay |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 03:37 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 03:37 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/789 |