PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENDIDIKAN TERPADU DAN MOTIVASI GURU DINIYAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI DI ACEH BESAR

Zulaikha, NIM: 22116052 (2024) PENGARUH PENERAPAN SISTEM PENDIDIKAN TERPADU DAN MOTIVASI GURU DINIYAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI DI ACEH BESAR. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Zulaikha BAB I-V.pdf] Text
Zulaikha BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem pendidikan terpadu dan Motivasi Guru Diniyah terhadap mutu pendidikan pada SMP Negeri di Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal asosiatif yaitu hubungan sebab akibat (cause and effect). Sampel terdiri dari 30 orang dari populasi 102 orang guru Diniyah pada SMP Negeri di Aceh Besar, yang dipilih menggunakan tehnik random sampling.Data dikumpulkan melalui angket tertutup dan dianalisis menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem pendidikan terpadu dan motivasi guru diniyah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan pada SMP Negeri di Aceh Besar. Hal ini diketahui melalui hasil perhitungan sumbangan relatif yaitu 45,8% dan sumbangan efektif sebesar 43,3%. Perhitungan uji t menunjukkan bahwa thitung yakni 4.407 lebih besar dari ttabel yakni 2.051 (thitung > ttabel) yang berarti nilai korelasi signifikan. Dengan demikian sistem Pendidikan terpadu dan motivasi guru diniyah secara simultan berpengaruh terhadap mutu Pendidikan pada SMP Negeri di Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sistem pendidikan terpadu, motivasi guru diniyah dan mutu pendidikan
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 370 S2 PMP
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2025 02:41
Last Modified: 17 Feb 2025 02:41
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item
View Item