Darmawisah, NIM: 1311080003 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 70 BANDA ACEH PADA MATERI KATA ULANG DALAM BAHASA INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Darmawisah BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Darmawisah BAB I-V.pdf
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah ketidakmampuan siswa untuk memahami suatu materi pelajaran dapat terjadi karena penyajian materi tidak diajarkan secara tepat dikarenakanPengajaran tidak baik dalam pengertian model dan pendekatan mungkin kurang sesuai dengan bahan yang diajarkan.Dari latar belakang masalah tersebut maka timbul rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah penerapan model pembelajaran tipe think pair share meningkatkan berpikir kritissiswa kelas V SD Negeri 70 Banda Aceh pada materikata ulang dalam Bahasa Indonesia?”. Maka dari itu, tujuan penelitian iniuntuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran tipe think pair share meningkatkan berpikir kritissiswa kelas V SD Negeri 70 Banda Aceh pada materikata ulang dalamBahasa Indonesia. Kemudian, jenis penelitian yang digunakan adalah ekperimen dengan design pre-test and posst-test. Populasi dalam penelitian ini di ambil 50% dari total siswa kelas V SDN 70Banda Aceh dan sampel penelitian sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Penelitian ini terdiri dari empat pertemuan yaitu 1 hari pemberian soal pre test, 2 hari perlakuan dan 1 hari pemberian soal post test. Sehingga dapat diketahui bahwa (t_hitung>t_tabel) 7,63 > 1,70 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, oleh karena itu dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe think pair share meningkatkan berpikir kritissiswa kelas V SD Negeri 70 Banda Aceh pada materi kata ulang dalam Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tipe think pair share, berpikir kritis |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 04:18 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 04:18 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/799 |