Maulidar, NIM: 1111080048 (2015) PENERAPAN MODEL ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MEMBACADAN MEMAHAMI TEKS DESKRIPTIF SISWA KELAS IV SD SAMAHANI. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Maulidar BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Maulidar BAB I-V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan dasar termasuk sekolah dasar dianggap sebagai pondasi yang memengang peranan yang sangat penting untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Itu lah sebabnya, pada jenjang ini perlu diletakkan dasar-dasar yang kokoh bagi tegaknya bagunan pendidikan yang menyeluruh. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah melalui belajar membaca, dan memahami teks deskriptif. Membaca dan memahami teks deskritif adalah upaya mengapresiasikan pemahaman dalam membaca. Penerapan Model pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada pembelajaran Membaca dan Memahami Teks Deskriptif Siswa Kelas IV SD N Samahani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi pada pembelajan membaca dan memahami teks deskriptif pada siswwa kelas IV SD N Samahani. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil penelitian diperoleh dengan obseservasi aktivitas anak. Langkah-langkah pelaksanan pembelajaran membaca dan memahami teks deskriptif anak dilakukan dengan model artikulasi, yang terdiri atas 2 siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara bertahap yang terdiri atas 4 tahap, yaitu (1) perencanaan (2) palaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh anak sebesar 52,63 % sedangkan pada siklus II hasil hasil yang dicapai 86,84 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengunaan model artikulasi menigkatkan prestasi belajar anak pada pembelajaran membaca dan memahami teks deskriptif siswa kelas IV SD N Samahani.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | embelajaran Membaca Teks Deskriptif, Model Artikulasi, Prestasi Belajar |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 01:45 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 01:45 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/800 |