EFEKTIVITAS DISCOVERI LEARNING BERBANTUAN VIDEO PADA PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 72 BANDA ACEH

Fegi Fujia Kasih, NIM: 1711080053 (2022) EFEKTIVITAS DISCOVERI LEARNING BERBANTUAN VIDEO PADA PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 72 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Fegi Fujia Kasih BAB I-V.pdf] Text
Fegi Fujia Kasih BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan global saat ini menuntut dunia pendidikan untuk selalu mengubah konsep berpikirnya. Masa depan dengan berbagai tantangan melekatnya yang akan dihadapi oleh umat manusia memiliki implikasi luas dan mendalam terhadap berbagai macam rancangan pengajaran dan teknik pembelajaran. Metode pendidikan sangat perlu diperhatikan khususya bagi para pendidik, model dan media yang tepat akan menetukan keberhasilan seorang peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Discoveri learning meningkatkan pemahaman dan hasil belajar kognitif perserta didik sekaligus menyelesaikan kesulitan siswa dalam pemahaman pada materi mate-matika yaitu penjumlahan pecahan siswa kelas V SD Negeri 72 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan penelitian “One group Pretest Posttest Design”. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil post test lebih baik dari hasil pre test. Hal ini ditunjukkan dari nilai t-hitung = 7.15. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan t-tabel di mana derajat kebebasan (α) adalah 5% diperoleh t- tabel= 2.02 karena thitung > (1 –α)(n1+n2–2), berarti Ha diterima atau signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Video , Pemahaman Konsep Pecahan
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:55
Last Modified: 18 Feb 2025 01:55
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item
View Item