PENGEMBANGAN E-MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN KUTA PASIE

Sri Maulidiya, NIM: 20080085 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN KUTA PASIE. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Sri Maulidia BAB -V.pdf] Text
Sri Maulidia BAB -V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk. Pengembangan ini mengembangkan e-modul dalam projek p5 dalam implementasi kurikulum merdeka di SDN Kuta Pasie. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan yaitu ADDIE yang terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut: Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara guru, validasi ahli media, validasi ahli materi, angket praktisi lapangan dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pengembangan e-modul projek p5 terdiri dari tahap Analisis, dimana pada tahap ini peneliti melakukan observasi ke sekolah untuk mencari informasi tentang media ajar yang digunakan dalam pembelajaran projek p5. Selanjutnya yaitu tahap Desain, pada tahap ini peneliti membuat rancangan e-modul sesuai dengan informasi yang di dapat pada tahap sebelumnya. Selanjutnya tahap Pengembangan, disini peneliti melakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media dengan hitungan rata-rata e-modul sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Tahap selanjutnya yaitu Implementasi, disini peneliti turun ke lapangan untuk menerapkan e-modul. Yang terakhir yaitu tahap Evaluasi, disini peneliti mengevaluasi dan merevisi produk yang sudah di kembangkan sesuai arahan dari validator. Kelayakan muatan e-modul dalam projek p5 yang dikembangkan yaitu 90% termasuk dalam kriteria sangat layak digunakan dan respon yang diberikan oleh peserta didik terhadap e-modul dengan presentase 84,37% termasuk kedalam kriteria sangat menarik untuk digunakan. Sehingga e modul projek p5 yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dalam projek penguatan profil pelajar pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Projek Penguatan Profil Pancasila, Kurikulum Merdeka
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2025 01:49
Last Modified: 19 Feb 2025 01:49
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/805

Actions (login required)

View Item
View Item