EFEKTIVITAS PERMAINAN SCRABBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELAS B DI PAUD CINTA ANANDA

Teti Asmarita, NIM: 1811070027 (2023) EFEKTIVITAS PERMAINAN SCRABBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELAS B DI PAUD CINTA ANANDA. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Teti Asmarita BAB I-V.pdf] Text
Teti Asmarita BAB I-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membaca salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh anak agar dapat menambah pengetahuan dan juga dapat mengetahui informasi baru. Pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelas B di PAUD Cinta Ananda ini dilakukan pada saat kegiatan sehari-hari. Untuk itu tujuan dilakukannya penelitian ini ialah dengan menggunakan media scrabble supaya dapat membantu anak untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan melihat apakah permainan ini efektif jika di terapkan pada anak, dengan subjek penelitian 9 orang anak dan pengumpulan data yang dilakukan melalui nilai lembar observasi yang dilakukan dengan eksperimen pretest dan posttest, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db (distribusi bilangan) n - 1 = 9 - 1 = 8, maka daftar
distribusi t dengan t(0,975) (8), sehingga diperoleh t(0,975) (8) = 2,30 karena thitung > ttabel, yaitu 10,9 > 2,30 Dengan demikian hipotesis penelitian ini Ha diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini menyatakan penggunaan media scrabble efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelas B di PAUD Cinta
Ananda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media scrabble, membaca permulaan, efektifitas
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372 PG PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:33
Last Modified: 26 Feb 2025 04:33
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item
View Item