PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR

Nur Aini Fitri, NIM: 1811080058 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Nur Aini Fitri BAB I-V.pdf] Text
Nur Aini Fitri BAB I-V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay- Two Stray terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kajhu Aceh Besar”, ini bertujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray pada pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kajhu Aceh Besar dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Kelas IV yang berjumlah 60 siswa dan siswi yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV-B yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV-A yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan memberikan test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Kadju Aceh Besar. Hal ini ditandai nilat yaitu thitung = 2,28 sedangkan ttabel= 2,00, berarti bahwa thitung > ttabel atau 2,28 > 2,00. Artinya hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Areand (kelas ekasperimen) lebih baik dibandingkan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Two Stay-Two Stray, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:35
Last Modified: 26 Feb 2025 07:35
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item
View Item