Ida Fazilla, NIM: 22116014 (2024) PENGEMBANGAN MODEL PERENCANAAN STRATEGIK BERBASIS TOTAL PERFORMANCE SCORECARD DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI 61 BANDA ACEН. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Ida fazila BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ida fazila BAB I-V.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui komponen penyusuna renstra sekolah yang selama ini dilaksanakan di SD Negeri 61 Kota Banda Aceh, (2) untuk mengetahui model teoretik perencanaan strategis sekolah berbasis Total Performance Scorecard dikembangkan di SD Negeri 61 Kota Banda Aceh, dan (3) untuk mengetahui penerapan model teoretik perencanaan strategis sekolah berbasis total performance scorecard di SD Negeri 61 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development Penelitian pengembangan ini menggunakan pola 4D dari Thiagajaran dalam menganalisis data, yaitu define, design, development and dissemination. Sehingga menghasilkan temuan penelitian sebagai berikut: (1) Komponen penyusunan renstra sekolah yang selama ini dilaksanakan di SD Negeri 61 Kota Banda Aceh belum sepenuhnya memenuhi kaidah teori penyusunan renstra, selain itu juga belum adanya sinkronisasi antar unsur pada renstra tersebut. Keterlibatan warga sekolah dalam menyusun renstra masih minim sehingga tidak menggambarkan manajemen mutu pendidikan di sekolah. (2) Model teoretik perencanaan strategik sekolah berbasis Total Performance Scorecard menghasilkan 9 jenis kartu scorecard yang melibatkan seluruh PTK untuk mengisi personal balanced scorecard dan jurusan, tata usaha serta kurikulum dan sekolah mengisi organizational balanced scorecard, lalu didiskusikan pada tingkat section dan sekolah melalui FGD yang melibatkan Korwas, pengawas sekolah dan komite sekolah. Hasil FGD akan menghasilkan unsur SWOT untuk dianalisis bersama dengan dokumen renstra lama sehingga menghasilkan Analisis Faktor Internal dan Analisis Faktor Eksternal sebagai awal lahirnya visi, misi, tujuan, sasaran, peran kunci, strategi dan program sekolah selama milestone 5 tahun. (3) Penerapan model teoretik perencanaan strategis sekolah berbasis total performance scorecard di SD Negeri 61 Kota Banda Aceh dilakukan setelah peneliti melakukan validasi produk baik dari sisi operasional di lapangan dan validasi pendapat ahli secara teori. Pengembangan model teoretik renstra berbasis TPS akan dilaksanakan pada penyusunan renstra SD Negeri 61 Kota Banda Aceh pada tahun 2028.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Strategik, Total Performance Scorecard |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 370 S2 PMP |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 04:26 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 04:26 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/829 |