Ida Royani, NIM: 22116020 (2024) UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU SD NEGERI 61 KOTA BANDA ACEH MELALUI SUPERVISI ILMIAH DENGAN TEKNIK PERCAKAN INDIVIDU. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Ida Royani BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ida Royani BAB I-V.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengkaji dapat atau tidaknya implementasi supervisi ilmiah dengan teknik percakapan individu d meningkatkan kinerja guru SD Negeri 61 Kota Banda Aceh dalam merencakan pembelajaran, (2) untuk mengetahui dan mengkaji dapat atau tidaknya supervisi ilmiah dengan teknik percakapan individu dapat meningkatkan kinerja guru SD Negeri 61 Kota Banda Aceh dalam melakasanakan pembelajaran, dan (3) mengkaji dapat atau tidaknya supervisi ilmiah dengan teknik percakapan individu dapat meningkatkan kinerja guru SD Negeri 61 Kota Banda Aceh dalam melakasanakan evaluasi pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru SD Negeri 61 Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan yang menggunakan model penelitian tindakan sekolah, Penelitian tindakan ini mengacu pada model penelitian tindakan Kemmis dan Taggart yang dirancang dengan proses siklus yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tahapan ini terus diulang per individu sampai permasalahan kinerja guru dapat teratasi. Hasil analisis data kinerja guru pada siklus I dalam perencanaan pembelajaran nilai rata-rata guru adalah 71,88 (kategori cukup), sementara dalam pelaksanaan pembelajaran adalah 69,65 (kategori cukup), dan penelaian evaluasi pembelajaran adalah sebesar 75 (kategori cukup). Dengan demikian masih pelu lagi dilakukan bantuan berupa bimbingan kepada guru tentang dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran yang baik pada siklus II. Setelah dilakukan klinis pada siklus II maka kemampuan guru dalam merenacanakan pembelajaran mengalami peningkatan menjadi 87,50 (kategori baik), dalam melaksanakan pembelajaran mengalami peningkatan menjadi 83,93 (kategori baik), dan dalam melakanakanan evaluasi mengalami peningkatan menjadi 87,50 (kategori baik). Dari paparan data tersebut dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan nilai kinerja guru SD 61 Kota Banda Aceh dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan melaksanakan kegiatan penilaian melalui kegiatan supervisi ilmiah dengan teknik percakapan individu. Dengan hasil ini, diharapkan kepada kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk dapat menerapkan serta mengembangkan kegiatan supervisi ilmiah ini dengan lebih baik lagi dengan harapan kinerja guru menjadi lebih baik yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru, Supervisi Ilmiah, Teknik Individu |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 370 S2 PMP |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 08:11 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 08:11 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/830 |