Annisa Kamsina, NIM: 20070071 (2025) PENGARUH KEGIATAN MENYUSUN POLA GEOMETRI TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI 5 KOTA BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Annisa kamsina BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Annisa kamsina BAB I-V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan kemampuan berpikir logis anak usia dini 4-5 tahun di TK Negeri 5 Kota Banda Aceh terlihat belum berkembang secara optimal yang ditandai anak belum mampu mengenal bentuk pola bangunan, mengelompokkan bangun datar sesuai dengan bentuknya, seperti persegi panjang, segiempat, lingkaran dan segitiga dan belum mampu mengenal perbedaan dengan benda-benda di sekitar anak termasuk sebagian anak belum mengenal fungsi dan manfaat benda-benda disekitar lingkungan, anak masih mengalami kesulitan. Hal ini salah satunya disebabkan kegiatan pembelajaran yang kurang menarik. Oleh karena itu, peneliti mengajukan sebuah kegiatan belajar menggunakan pola geometri. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah kegiatan menyusun pola geometri bangun datar berpengaruh terhadap perekmbangan kognitif anak usia 4-5 tahun dan bagaimana penerapan kegiatan menyusun pola geometri bangun datar dalam mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Negeri 5 Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kegiatan menyusun pola geometri bangun datar terhadap perekmbangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Negeri 5 Kota Banda Aceh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian bersifat pre eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 16 orang anak usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi berupa pre test dan post tes serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menyusun pola geometri memiliki pengaruh yang kuat dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Negeri 5 Banda Aceh dengan nilai korelasi sebesar 0,766. Peningkatkan pengaruh tersebut dari 1,5 skor rata-rata pre test dalam kategori Belum Berkembang (BB) menjadi 3,62 pada tahap pos test yang tergolong kategori Berkembang Sesuai Baik (BSB). Kesimpulan kajian ini ialah terdapat pengaruh kegiatan menyusun pola geometri terhadap aspek perkembangan kognitif pada anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Geometri, Perkembangan Kognitif, Anak Usia 4-5 Tahun |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372 PG PAUD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 04:56 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 04:56 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/839 |