EVALUASI KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DIRUANG RAWAT INAP RSUD MEURAXA BANDA ACEH

Eva Seriyanti, NIM: 22212287 (2024) EVALUASI KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DIRUANG RAWAT INAP RSUD MEURAXA BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Eva Seriyanti BAB I-V.pdf] Text
Eva Seriyanti BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah salah satu faktor kunci dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan memastikan kepuasan pasien. RSUD Meuraxa Banda Aceh, sebagai salah satu rumah sakit pemerintah utama di wilayah tersebut, memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan pelayanan medis yang optimal kepada pasien rawat inap. Namun, dalam konteks pelayanan kesehatan, seringkali terdapat tantangan yang dihadapi oleh rumah sakit, terutama dalam memenuhi ekspektasi pasien terkait kualitas layanan. Kepuasan pasien merupakan indikator penting dari kualitas pelayanan kesehatan. Kepuasan ini mencerminkan bagaimana pelayanan medis, dukungan, dan fasilitas yang disediakan rumah sakit memenuhi atau bahkan melampaui harapan pasien. Di RSUD Meuraxa Banda Aceh, beberapa laporan dan keluhan dari pasien menunjukkan adanya ketidakpuasan dalam beberapa aspek pelayanan, termasuk kecepatan layanan, komunikasi dengan tenaga medis, serta kondisi fasilitas rawat inap. Tujuan Penelitan : Mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di RSUD Meuraxa. Metode Penelitian : Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian dengan sampel sebanyak 77 respondens, menggunakan kuesioner. Hasil : Hasil penelitian di dapatkan tingkat kepuasan berdasarkan Aspek tangibles atau nyata (43%), emphaty atau empati (43%), reliability atau keandalan (33%), responsive atau ketanggapan (37%), assurance atau kepastian (43%). Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian dapatkan bahwa seluruh responden menyatakan sangat puas terhadap pelaynan di RSUD Meuraxa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rumah Sakit, Pelayanan kesehatan, Kepuasan pasien, Kualitas Layanan.
Subjects: Teknologi (600-699) > 610 Ilmu Keperawatan
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2025 08:12
Last Modified: 12 Mar 2025 08:12
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item
View Item