PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DI SD NEGERI 6 KOTA BANDA ACEH

Mudassir, NIM: 21116026 (2024) PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DI SD NEGERI 6 KOTA BANDA ACEH. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Mudassir PMP.pdf] Text
Mudassir PMP.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam peningkatan keterampilan menjelaskan dan keterampilan mengadakan variasi mengajar melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Kota Banda Aceh selama 1 bulan mulai dari tanggal 3 Oktober 2023 s/d 3 November 2023. Subjek penelitian ini adalah 3 (tiga) orang guru SD Negeri 6 Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan yang menggunakan model penelitian tindakan sekolah, Penelitian tindakan ini mengacu pada model penelitian tindakan Kemmis dan Taggart yang dirancang dengan proses siklus yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tahapan ini terus diulang per individu sampai permasalahan guru dalam keterampilan menjelaskan dan mengadakan variasi mengajar teratasi. Hasil analisis data guru dalam menerapkan keterampilan menjelaskan sebagai berikut: pada saat siklus I rata-rata sebesar 66,66% (kategori cukup) dan keterampilan mengadakan variasi mengajar sebesar 68,33% (kategori cukup). sehingga dilakukan bantuan berupa bimbingan kepada guru tentang bagaiman menjelaskan dan mengadakan variasi mengajar yang baik. Setelah dilakukan klinis maka keterampilan menjelaskan pada siklus II naik menjadi 81,66% (kategori baik), begitu juga dengan keterampilan mengadakan variasi mengajar pada siklus II naik menjadi 84,17%. Dari paparan data tersebut dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan nilai keterampilan guru di SD Negeri 6 Kota Banda Aceh dalam menjelaskan dan mengadakan variasi mengajar melalui kegiatan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif, sehingga diharapkan kepada kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk dapat menerapkan serta mengembangkan kegiatan supervisi klinis ini dengan lebih baik lagi, dengan harapan kualitas guru dalam mengajar menjadi lebih baik yang berimplikasi terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menjelaskan, Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar, Supervisi Klinis, Pendekatan kolaboratif
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 371 Pendidikan Penjaminan Mutu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:07
Last Modified: 21 Aug 2024 04:07
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item
View Item