ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN KOTAK ANGKA PADA ANAK KELOMPOKA1 DI TK IT PERMATA SUNNAH

Imelliani, NIM: 1911070032 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN KOTAK ANGKA PADA ANAK KELOMPOKA1 DI TK IT PERMATA SUNNAH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Imeliani BAB I-V.pdf] Text
Imeliani BAB I-V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan mengenal bilangan perlu diperkenalkan sejak usia dini, pengenalan bilangan juga merupakan dasar terhadap pengembangan kemampuan matematika anak menuju jenjang pendidikan selanjutnya. Anak kelompok A1 di TK IT Permata Sunnah belum berkembang secara maksimal kemampuan mengenal bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mengenal bilangan melalui permainan kotak angka dan untuk menganalisis kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran mengenal bilangan pada anak kelompok A1 di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh melalui permainan kotak angka. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian guru kelompok A1 berjumlah 2 orang murid kelompok A1 berjumlah 20 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan mengenal bilangan anak kelompok A1 sebelum permainan kotak angka tergolong masih rendah, yaitu sebanyak 20% belum berkembang. Selanjutnya sebanyak 65% mulai berkembang dan 15% anak berkembang sesuai harapan. Setelah penerapan permainan kotak angka tidak ada lagi anak yang belum berkembang, anak yang mulai berkembang hanya 20%. Selanjutnya anak yang berkembang sesuai harapan sebanyak 60% dan anak yang berkembang sangat baik sebanyak 20%. (2) Kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran mengenal bilangan melalui permainan kotak angka yaitu waktu pengerjaan kotak angka cenderung lebih lama karena menuntut ketelitian yang lebih ekstra. Selain itu, waktu pelaksanaan pembelajaran yang terbatas dan juga kurang kondusifnya kelas karena anak-anak biasanya berebut untuk bermain kotak angka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengenal bilangan, kotak angka.
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372 PG PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:22
Last Modified: 21 Aug 2024 04:22
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item
View Item