Qori 'Aina, NIM: 20080120 (2024) PENGARUH MEDIA QUIZ INTERAKTIF TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS MATERI KERAJAAN-KERAJAAN DI NUSANTARA KELAS IV SDN KUTA PASIE. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Qori Aina BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Qori Aina BAB I-V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi proses suatu pembelajaran yaitu kurangnya inovasi dalam pemilihan media pembelajaran sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan yang berakibat pada kurangnya minat dan hasil belajar siswa. Solusi dari permasalahan ini yaitu dengan penerapan Media Quiz Interaktif. Penerapan media quiz interaktif dapat membuat siswa semangat
dalam mengikuti pembelajaran karena pembelajaran tidak hanya berfokus pada guru, namun siswa turut aktif pada saat proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media quiz interaktif terhadap minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran ipas materi kerajaan-kerajaan di Nusantara kelas IV SDN Kuta Pasie. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen jenis one group. Penelitian ini dilakukan di SDN Kuta Pasie pada kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan pretest dan postest untuk melihat perbedaan antara sebelum dan setelah penerapan media quiz interaktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan minat belajar siswa pada pretest bahwa hasil
dari keseluruhan 46,83 dengan persentase 66,9%, sedangkan minat belajar pada postest mendapatkan hasil keseluruhan 63,54 dengan persentase 90,77%.
Adapun hasil penelitian hasil belajar siswa pada pretest mendapatkan nilai keseluruhan 35,83 dengan persentase 35,83%, sedangkan hasil belajar pada postest mendapatkan hasil keseluruhan 74,17 dengan persentase 74,17%. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 27 for windows berdasarkan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil uji t baik minat belajar siswa maupun hasil belajar
siswa mendapatkan nilai signifikan sebesar 0,000. Hal ini berarti bahwa 0,000 < 0,05, maka dapat diambil kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak artinya Media Quiz Interaktif berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS materi kerajaan-kerajaan di Nusantara kelas IV SDN Kuta Pasie.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Quiz Interaktif, Minat Belajar, Hasil Belajar, IPAS, Kerajaan-Kerajaan Di Nusantara. |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 07:30 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:30 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/323 |